Kalibrasi memberikan salah satu yang sangat menguntungkan untuk berbagai industri dan juga berbagai sektor yang lain seperti kesehatan salah satunya yang paling dikedepankan. Akan tetapi, kalibrasi yang dilakukan bagus adalah yang dilakukan di laboratorium kalibrasi yang terakreditasi karena mereka bisa memberikan hasil kalibrasi yang berkualitas dan sesuai dengan standar yang berlaku secara internasional dan nasional.

Bagi Anda yang ingin melakukan kalibrasi alat ukur Anda, memahami sertifikat kalibrasi beserta isi di dalamnya adalah hal yang sangat penting. Karena jika Anda tidak bisa membaca sertifikat kalibrasi alat ukur Anda, ternyata percuma saja. Berikut ini adalah cara membaca sertifikat kalibrasi yang perlu Anda ketahui.

Penjelasan Sertifikat Kalibrasi

Yang pertama mari kita pelajari terlebih dahulu. Sertifikat kalibrasi adalah output yang terlihat dari laboratorium kalibrasi yang harus disiapkan dengan sangat hati-hati untuk memastikan bahwa mereka secara akurat menyampaikan semua informasi yang berkaitan dengan kalibrasi sehingga data dapat digunakan dengan manfaat maksimal oleh semua pihak. 

Sertifikat kalibrasi yang disiapkan dengan hati-hati harus memuat atau mengacu pada semua informasi yang diperlukan untuk membenarkan hasil pengukuran dan harus ditinjau secara menyeluruh dan disahkan sebelum dirilis.

Pelaporan hasil yang mendetail lebih disukai dan seringkali diperlukan oleh pelanggan dalam sistem laboratorium yang terakreditasi dan diakui, yang mencakup narasi lengkap yang menjelaskan dan mendokumentasikan kalibrasi, termasuk untuk kalibrasi atau pengujian khusus.

Isi dari Sertifikat Kalibrasi

Setelah Anda melakukan kalibrasi alat ukur, Anda bisa mendapatkan sertifikat kalibrasi. Sesuai dengan standar yang berlaku, isi dari sertifikat kalibrasi di antaranya:

  • Identitas dari laboratorium adalah yang ada di bagian atas dari sertifikat kalibrasi. Identitas dari laboratorium ini biasanya berupa kop surat.
  • Nomor order adalah yang harus ada untuk menjamin ketertelusuran kalibrasi alat ukur Anda.
  • Nomor sertifikat juga sangat berguna untuk ketertelusuran kalibrasi alat ukur yang Anda kalibrasikan.
  • Identitas alat berupa detail tentang alat ukur tersebut.
  • Identitas pemilik alat ukur
  • Jumlah halaman harus ada di setiap halaman.
  • Tanggal terbit ini berkaitan dengan masa berlaku sertifikat kalibrasi.
  • Kepala laboratorium menjadi seorang penanggung jawab untuk alat ukur yang sudah di kalibrasi.
  • Identitas laboratorium yang sudah terakreditasi KAN
  • Pernyataan dilarang mengutip/mempublikasikan¬†

Pastikan Sertifikat Kalibrasi bisa Terlacak

Hasil kalibrasi dapat dilaporkan dengan cara yang disederhanakan jika disetujui oleh pelanggan. Untuk pelaporan bobot dan ukuran (aplikasi metrologi legal) elemen ketertelusuran metrologi untuk referensi ke Sistem Satuan Internasional (SI), pengukuran hasil, dan hasil ketidakpastian terus diperlukan dengan beberapa pengecualian. Semua informasi yang tidak diberikan kepada pelanggan harus dipelihara oleh laboratorium dan selalu tersedia.

Ketertelusuran kalibrasi sangat penting agar alat ukur Anda bisa diketahui apakah alat ukur yang Anda miliki bisa dilacak oleh Anda sendiri apakah alat ukur terbukti memiliki pengukuran yang akurat dengan sudahnya dilakukan kalibrasi.

Kesimpulan

Laboratorium bertanggung jawab atas semua informasi yang diberikan dalam sertifikat kalibrasi, kecuali informasi yang diberikan oleh pelanggan. Ketika informasi diberikan oleh pelanggan, itu harus diidentifikasi dengan jelas. Sertifikat kalibrasi akan menyertakan penafian yang memberi tahu pengguna bahwa informasi yang diberikan oleh pelanggan dapat memengaruhi validitas hasil.